Workshop Korea

Pada tanggal 11 s.d. 15 Desember 2017, Kementerian ESDM Republik Indonesia bekerjasama dengan Ministry of Trade, Industry, and Energy (MOTIE) Pemerintah Korea Selatan menyelenggarakan Electrical and Gas Safety Management Workshop di Gedung Utama Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jalan HR Rasuna Said Blok X-2 Kavling 7 & 8, Kuningan, Jakarta Selatan. Workshop ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU kerjasama bidang energy safety antara pemerintah Indoensia dan Korea Selatan pada tahun 2016 silam. Workshop ini diselenggarakan sebagai wadah komunikasi antara Korea Electrical Safety Coorporation (KESCO) sebagai pelaksana inspeksi ketenagalistrikan di Korea Selatan dengan Inspektur Ketenagalistrikan di Indonesia terkait dengan regulasi dan aturan yang digunakan di kedua negara dan sebagai sharing knowledge dalam upaya peningkatan kompetensi dan pengetahuan dalam pelaksanaan inspeksi ketenagalistrikan.

Workshop yang berlangsung selama 5 (lima) tersebut diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang perwakilan Inspektur Ketenagalistrikan dan pemangku kepentingan di subsektor ketenagalistrikan di Indonesia. Workshop terbagi menjadi 2 (dua) sesi yaitu sesi pembelajaran teori dan sesi praktik lapangan. Sesi pembelajaran teori dilaksanakan di Gedung Utama Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dengan pokok bahasan utama antara lain: Regulasi Keselamatan Ketengalistrikan dan Kebijakan Pemerintah Korea Selatan; Komposisi dari Sistem Ketenagalistrikan dan Status Operasi; Pemeliharaan Peralatan Pembangkit dan Sistem Proteksi; Prosedur dan Teknik Inspeksi Pembangkit Listrik Termal; Inspeksi Fasilitas Listrik; Diagnosis Keselamatan Presisi dan Peralatan Pengukuran; Sistem Proteksi Pembangkit dan Analisa Kegagalan Proteksi; dan Keselamatan Ketenagalistrikan dan Analisa Kecelakaan akibat Listrik. Selanjutnya pada sesi kunjungan lapangan, peserta workshop beserta para instruktur melakukan kunjungan lapangan ke RPTRA Kalijodo dan PLTG Muara Karang untuk memperoleh solusi atas kendala teknis dalam pelaksanaan inspeksi ketenagalistrikan dan kebijakan pemerintah terkait dengan pelaksanaan inspeksi ketenagalistrikan. 

Kegiatan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan komunikasi dan kerjasama yang baik antara inspektur ketenagalistrikan, KESCO, serta industri penyedia peralatan pembangkit dalam rangka mendukung keberhasilan program ketenagalistrikan nasional.