Tim Penilai: Review dan Pleno Hasil Penilaian Angka Kredit Inspektur Ketenagalistrikan

Pondok Ranji – Tim Penilai angka kredit jabatan fungsional Inspektur Ketenagalistrikan melaksanakan review hasil penilaian angka kredit jabatan fungsional Inspektur Ketenagalistrikan periode pertama tahun 2019 dalam Rapat Pleno penilaian angka kredit yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Gedung Arsip Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jl. Yaktapena Raya, Pondok Ranji, Tangerang Selatan (3/7).

Angka Kredit Inspektur Ketenagalistrikan merupakan satuan nilai dari uraian kegiatan dan/atau akumulasi nilai dari uraian kegiatan yang harus dicapai dalam rangka pembinaan karier dan berkaitan tugas jabatan dibidang inspeksi ketenagalistrikan. Adapun unsur yang dinilai terdiri atas unsur utama (pendidikan, inspeksi ketenagalistrikan dan pengembangan profesi) dan unsur penunjang,  dengan uraian yang secara rinci tertuang dalam Lampiran I Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2017 Tentang Jabatan Fungsional Inspektur Ketenagalistrikan.

Beberapa tahapan yang dilakukan mulai dari pengusulan, penilaian sampai dengan penetapan angka kredit meliputi:

  1.  Inspektur Ketenagalistrikan mendokumentasikan hasil kerja, menginventarisasi seluruh kegiatan yang dilakukan sesuai uraian butir kegiatan tugas jabatan dan menyiapkan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK).
  2. Inspektur Ketenagalistrikan mengisi daftar uraian kegiatan tugas jabatan ke dalam DUPAK dan melampirkan bukti-bukit pendukung.
  3. Inspektur Ketenagalistrikan melampirkan bukti-bukti pendukung ke dalam DUPAK yang telah diisi secara lengkap untuk diserahkan kepada Pejabat yang berwenang mengusulkan angka kredit.
  4. Pejabat yang berwenang mengusulkan angka kredit mengajukan DUPAK dan bukti-bukti pendukung kepada pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit.
  5. Pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit menyerahkan DUPAK dan bukti-bukti pendukung kepada Tim Penilai cq. Sekretariat Tim Penilai.
  6. Tim Penilai melakukan penilaian sesuai dengan usulan dan bukti-bukti yang dilampirkan dalam DUPAK.
  7. Tim Penilai melakukan rapat pleno pembahasan hasil penilaian (presentasi, review dan evaluasi). 
  8. Tim Penilai menandatangani Berita Acara (BA) Penilaian Angka Kredit.
  9. Tim Penilai menyerahkan BA Penilaian Angka Kredit kepada pejabat yang berwenang menetapkan Angka Kredit sebagai dasar untuk Penetapan Angka Kredit (PAK).
  10. Dokumen PAK disampaikan sebagai tembusan antara lain kepada sekretaris tim penilai dan Inspektur Ketenagalistrikan.

Kegiatan penilaian angka kredit dilaksanakan dengan mengacu pada prosedur penilaian yang prosesnya dilakukan secara obyektif dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu penilaian angka kredit juga sangat terkait dengan kewajiban setiap pejabat fungsional Inspektur Ketenagalistrikan untuk memenuhi target angka kredit setiap tahun dengan jumlah minimal tertentu sesuai jenjang jabatannya, sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 4 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan Jabatan Fungsional Inspektur Ketenagalistrikan. (yns)