Longsor di Kecamatan Batang Merangin Jambi Sebabkan Tower SUTT 150 kV Roboh

JAMBI - Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh mengalami pemadaman listrik di bebarapa wilayah pada Sabtu (09/03/2019) malam hingga Minggu (10/03/2019) pagi sebagai dampak dari gangguan transmisi pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV. Transmisi SUTT 150 kV ruas Bangko-Sungai Penuh 1 mengalami gangguan pada Sabtu (09/03/2019) pukul 20:01 WIB dimana longsor merusak 3 (tiga) tower transmisi yang berlokasi di Dusun Serpih Desa Muara Emat, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci.

Berdasarkan informasi Tim Inspektur Ketenagalistrikan yang ditugaskan ke lokasi, di lapangan ditemukan pohon tumbang dari lereng bukit akibat longsoran tanah yang kemudian meluncur dan menimpa saluran dan merobohkan tower transmisi T.196-T.198. Akibat gangguan tersebut, Gardu Induk (GI) Sungai Penuh kehilangan daya sebesar 8 MW dari beban sebesar 14 MW saat operasi normal sebelum gangguan. Sebagai langkah pemulihan sementara untuk meminimalisir pemadaman, PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (S2JB) melakukan manuver beban GI Sungai Penuh ke GI terdekat serta mobilisasi genset ke wilayah terdampak pemadaman.

Tim Inspektur Ketenagalistrikan bersama dengan Tim Tanggap Darurat PT. PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Sumatera (UI P3BS) dan PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (UIP SBS) sampai dengan saat ini masih berada di lokasi untuk memastikan pelaksanaan pemulihan (recovery) sementara melalui pendirian tower emergency/Emergency Restoration System (ERS) sebanyak 7 (tujuh) kolom.

Pemulihan kelistrikan baik sementara maupun permanen terus dilakukan oleh seluruh Tim PT. PLN (Persero) dan Tim Inspektur Ketenagalistrikan untuk memastikan pasokan tenaga listrik kepada masyarakat meskipun terkendala kondisi geografis, sosial dan cuaca hujan untuk mobilisasi material tower ERS dan konduktor ke lokasi.

(EE)