KNOWLEDGE SHARING TAHAP I TAHUN 2019

JAKARTA Program pengembangan kompetensi Inspektur Ketenagalistrikan merupakan bagian dari tugas jabatan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri PAN & RB Nomor 37 Tahun 2017 tentang Jabatan Fungsional Inspektur Ketenagalistrikan. Untuk tahun 2019, salah satu bentuk program pengembangan kompetensi, dilaksanakan knowledge sharing mengenai tugas pokok dan fungsi Sub Direktorat di lingkungan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan secara bertahap.

Knowledge sharing tahap I dilaksanakan di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan pada tanggal 2 April 2019, dimana materi yang dibahas yaitu mengenai kelaikan teknik dan keselamatan ketenagalistrikan yang disampaikan oleh I Made Dwi Jaya Perkasa, dan materi mengenai perlindungan konsumen ketenagalistrikan oleh Yudha Bagus Priambadha.

Yudha Bagus Priambadha menyampaikan bahwa selain penanganan pengaduan konsumen listrik untuk pelanggan, penetapan Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) dan Pengawasan Realisasi dan Kompensasi TMP PT PLN (Persero) merupakan tugas Subdirektorat Perlindungan Konsumen Ketenagalistrikan. Berikut ini merupakan media pengaduan konsumen di Ditjen Ketenagalistrikan yaitu:

1. Penyampaian pengaduan secara langsung: Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, c.q. Subdit Perlindungan Konsumen Ketenagalistrikan

2. E-mail: konsumen.listrik@djk.esdm.go.id

3. Penyampaian secara tertulis: Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-2, Kav. 07-08 Kuningan Jakarta Selatan 12950

4. Kolom surat pembaca di Media Cetak Nasional

5. Facsimile/Telepon: (021) 5277139

Beberapa issue yang disampaikan I Made Dwi Jaya Perkasa adalah Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan bahwa Infrastruktur pengisian listrik untuk KBL Berbasis Baterai wajib memenuhi ketentuan keselamatan ketenagalistrikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan belum adanya standar/acuan petunjuk pelaksanaan yang sama antara LIT (Lembaga Inspeksi Teknik) untuk memudahkan pelaksanaan sertifikasi instalasi tenaga listrik di lapangan.

(AK)