INSPEKTUR KETENAGALISTRIKAN MENJADI PEMATERI DAN PENGUJI PADA DIKLAT TEKNIS INSPEKSI SISTEM TENAGA LISTRIK

Inspektur Ketenagalistrikan mendapat penugasan sebagai Pemateri dan Penguji pada Diklat Teknis Inspeksi Sistem Tenaga Listrik di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM-KEBTKE) yang dilaksanakan pada tanggal 20 – 25 Maret 2017.

Keterlibatan inspektur ketenagalistrikan sebagai pemateri dan penguji dalam diklat teknis bidang ketenagalistrikan tersebut tidak lepas dari kepercayaan Kepala PPSDM-KEBTKE dan Pimpinan di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dengan pertimbangan bahwa Inspektur Ketenagalistrikan memiliki pengetahuan keilmuan bidang ketenagalistrikan, pengalaman dalam pelaksanaan inspeksi ketenagalistrikan dan melakukan analisa berdasarkan data dan fakta-fakta hasil inspeksi serta usulan tindak lanjut berkaitan dengan hasil inspeksi.

Diklat teknis inspeksi sistem tenaga listrik diikuti sebanyak 14 (empat belas) peserta yang berasal dari beberapa unit instansi Pemerintah pusat di internal Kementerian ESDM dan Pemerintah Daerah, yaitu : 5 (lima) peserta dari inspektur Migas, Ditjen Migas, 3 (tiga) peserta dari Ditjen Gatrik, 2 (dua) peserta dari Ditjen EBTKE, 2 (dua) peserta dari Dinas PU dan Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan, Kab. Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, 1 (satu) peserta dari Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara-KESDM, dan 1 (satu) peserta dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja, Bandung.

Materi yang disampaikan pada diklat teknis inspeksi sistem tenaga listrik meliputi inspeksi pembangkit thermal, inspeksi pembangkit non thermal & EBT, inspeksi transmisi, inspeksi distribusi tenaga listrik, inspeksi instalasi pemanfaatan, praktik inspeksi sistem tenaga listrik, dan evaluasi  melalui test tertulis dan wawancara dengan total jam pelajaran (JP) sebanyak 48 JP.

Kedepan Inspektur Ketenagalistrikan diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih dalam knowledge sharing keilmuan bidang ketenagalistrikan, inspeksi ketenagalistrikan serta ketentuan keselamatan ketenagalistrikan.