Inspektur Ketenagalistrikan Melaksanaan Inspeksi Gangguan Pada Gardu Induk 150 kV Mandirancan

 Gardu Induk (GI) 150 kV Mandirancan yang berlokasi di Jalan Raya Pancalang, Desa Tajurbuntu, Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat mengalami gangguan pada Senin (20/02) sekitar pukul 11.04 WIB. GI tersebut memiliki peran strategis untuk evakuasi daya dari PLTU Indramayu dan PLTU Cirebon Electric Power ke sistem interkoneksi 500 kV Jawa Bali atau ke subsistem 150 kV Mandirancan.

Gangguan GI 150 kV Mandirancan mengakibatkan terhentinya pasokan daya listrik ke beberapa wilayah meliputi Cirebon, Mandirancan, Jatibarang sampai dengan Karawang dan berdampak pada terjadinya pemadaman listrik yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam.

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan telah menugaskan Tim Inspektur Ketenagalistrikan untuk melaksanakan inspeksi ketenagalistrikan ke GI 150 kV Mandirancan dalam rangka  memperoleh fakta-fakta lapangan terkait gangguan tersebut sebagai bahan investigasi penyebab gangguan operasi GI Mandirancan.

Berdasarkan hasil analisis dan rekomendasi Inspektur Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan akan menyurati PT PLN (Persero) agar melakukan tindakan perbaikan GI Mandirancan sebagai tindak lanjut hasil inspeksi. Inspektur Ketenagalistrikan akan melakukan inspeksi lebih lanjut untuk investigasi GI dan GITET di sistem Jawa Bali yang memiliki potensi single point of failure evakuasi daya listrik dari pembangkit-pembangkit di sistem Jawa Bali termasuk program 35.000 MW.