Inspektur Ketenagalistrikan bersama PLN Pastikan Kesiapan Pasokan Listrik untuk Pelaksanaan Pemilu 2019

JAKARTA - Pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2019 yang akan berlangsung di hari pemungutan suara tanggal 17 April 2019 hingga tahap rekapitulasi perhitungan suara selesai pada 22 Mei 2019 merupakan rangkaian kegiatan besar Pemerintah yang memerlukan dukungan oleh masing-masing pihak. Kementerian ESDM yang mengelola sektor ketenagalistrikan turut mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 tersebut untuk memastikan pengamanan pasokan listrik di seluruh lokasi TPS hingga KPU sampai periode Pemilu berakhir.  

Ketersediaan pasokan listrik yang aman, andal dan memadai merupakan salah satu aspek penting kesuksesan penyelenggaraan Pemilu, dimana PT. PLN (Persero) bersama dengan Inspektur Ketenagalistrikan Ditjen Ketenagalistrikan telah menetapkan Siaga Pemilu 2019 dari tanggal 17 Maret sampai dengan 24 Mei 2019. Inspeksi dilakukan oleh Tim Inspektur Ketenagalistrikan di 5 (lima) unit PLN untuk memastikan kesiapan pasokan listrik dan tingkat keandalan operasi di lokasi-lokasi prioritas dapat terpenuhi, baik melalui pasokan utama jaringan listrik (grid) maupun pasokan cadangan/backup melalui genset ataupun UPS.

Lokasi-lokasi prioritas pengamanan pasokan listrik selama periode Siaga Pemilu 2019 yaitu antara lain kantor KPU Pusat, KPU Provinsi, KPUD Kabupaten/Kota, Bawaslu hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS) selain juga kantor-kantor pemerintah, TNI/Polri serta bandara maupun pelabuhan yang sangat diperlukan untuk distribusi logistik Pemilu. Upaya pengamanan pasokan listrik tersebut dilakukan dengan memastikan kesiapan dan keandalan sistem, meliputi penyiapan unit pembangkit dan ketersediaan energi primer, penguatan jaringan transmisi dan distribusi serta pengecekan kecukupan daya dan back-up supply.

PT. PLN (Persero) telah membentuk Tim Siaga Pemilu 2019 dengan total sebanyak 28.729 personil yang tersebar di unit-unit PLN untuk mengamankan pasokan listrik pada lokasi prioritas di seluruh Indonesia, dimana PLN Pusat dan Ditjen Ketenagalistrikan akan memantau dan melaporkan kondisi kelistrikan melalui Posko Siaga Pemilu 2019 maupun melalui aplikasi monitoring online http://plnsiaga.pln.co.id. 

(EE)