INSPEKSI KECELAKAAN AKIBAT LISTRIK SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI (SUTT) 150 KV JALUR GI CIBINONG – GI JATIRANGON

Kecelakaan akibat listrik di area Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) terjadi pada Selasa (28/3/2017) pukul 12.43 WIB, menyebabkan 3 (tiga) orang di dalam rumah kontrakan disekitar jalur SUTT 150 kV Cibinong – Jatirangon antara tower T.45 – T.46 di Desa Cicadas, Kec. Gunung Putri, Kab. Bogor mengalami luka bakar.

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan telah menugaskan Tim Inspektur Ketenagalistrikan untuk melakukan inspeksi ke lokasi kejadian dan Gardu Induk (GI) Cibinong dalam rangka mengumpulkan fakta-fakta lapangan dan analisa penyebab kecelakaan akibat listrik tersebut.

Pemerintah telah mengatur ketentuan ruang bebas dan jarak bebas minimum pada saluran udara tegangan tinggi, saluran udara tegangan ekstra tinggi, dan saluran udara tegangan tinggi arus searah untuk penyaluran tenaga listrik dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 18 Tahun 2015.

Pemeliharaan dan penertiban ruang bebas dan jarak bebas minimum sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri tersebut di atas mutlak dilakukan agar keselamatan ketenagalistrikan dapat terpenuhi.