Indonesia-Korea Task Force Meeting dan Site Visit ke PLTGU Priok KESDM-Delegasi Republik Korea

Ministry of Trade Industry and Energy (MOTIE) Republik Korea mengadakan kunjungan kerja ke Kementerian ESDM Kamis (23/2), sebagai tindak lanjut terhadap Memorandum of Understanding (MOU) mengenai Comprehensive Cooperation on Energy Safety Management. Dalam kunjungan tersebut diadakan pertemuan antara Delegasi MOTIE dengan Kementerian ESDM yang diwakili oleh Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama. Delegasi MOTIE yang hadir terdiri atas Director of Energy Safety MOTIE, Director of Korea Electrical Safety Corporation (KESCO), Director of Korea Gas Safety (KGS) dan Commercial Attaches Kedutaan Korea dan 3 (tiga) orang team leader di bidang electrical and gas safety inspection. Dari Kementerian ESDM hadir juga Direktur Teknik dan Lingkungan Migas dan Inspektur Migas, Kepala Sub Direktorat Tenaga Teknik Ketenagalistrikan dan Inspektur Ketenagalistrikan, dan wakil dari Badan Pengembangan SDM-ESDM.

Pertemuan tersebut menyepakati beberapa hal antara lain, pembentukan organisasi Task Force Indonesia-Korea yang terdiri atas Control Tower, Bidang Ketanagalistrikan, Bidang Minyak dan Gas, dan Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia. Di bidang keselamatan ketenagalistrikan, Pemerintah Republik Korea melalui MOTIE dan KESCO akan mendukung program pelatihan bagi Inspektur Ketenagalistrikan pada tahun 2017 antara lain dengan menghadirkan Technical Expert KESCO bidang electrical safety inspection sebagai narasumber pada acara Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan oleh Inspektur Ketenagalistrikan, memberikan pelatihan di bidang electrical safety inspection yang akan dilaksanakan di Indonesia dan Republik Korea, mengundang Pemerintah Indonesia dalam kegiatan 2nd KOREA-ASEAN Energi Safety Policy Forum yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2017, dan menerjemahkan kebijakan keselamatan ketenagalistrikan yang diberlakukan di Republik Korea, inspection guidelines KESCO dari bahasa Korea ke Indonesia.

Pada hari Jumat (24/2), kunjungan delegasi MOTIE-Korea dilanjutkan dengan melakukan peninjauan lapangan untuk melihat penerapan keselamatan ketenagalistrikan pada instalasi PLTGU Priok milik PT Indonesia Power di Tanjung Priok, Jakarta Utara.