Berita

Focus Group Discussion (FGD) Inspektur Ketenagalistrikan tahap II yang diselenggarakan di Hotel Grand Zuri Tangerang tanggal 10-11 Agustus 2017 dengan tema Peningkatan Efisiensi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batubara Kalori Rendah

Pada tanggal 10 Juni 2017 pukul 06.10 WIB tanggul PLTM 1B Cianten 2x3,1 MW mengalami gangguan. Inspektur Ketenagalistrikan ditugaskan untuk melakukan inspeksi ketenagalistrikan terhadap instalasi pembangkit tersebut. Maksud diadakannya kegiatan ini adalah melaksanakan pengawasan dan evaluasi terhadap operasi dan pemeliharaan instalasi pembangkit PLTM 1B Cianten 2x3,1 MW.

Pada tanggal 16 Mei 2017, telah terjadi gangguan di sistem Aceh yang mengakibatakan blackout. Gangguan ini disebabkan oleh induksi pohon dekat konduktor line 1 fasa T antara Tower Nomor T.317-T.318 SUTT Sigli - Nagan Raya yang kemudian berimbas pada trip-nya PLTU Nagan Raya. Gangguan tersebut mengakibatkan kerusakan pada beberapa perlatan di PLTU Nagan Raya, sehingga operasi PLTU Nagan Raya terganggu hingga tanggal 30 Mei 2017. Hal ini memaksa PT PLN (Persero) Wilayah Aceh melakukan Manual Load Sheeding (MLS) pada sisi distribusi dikarenakan kurangnya pasokan daya dan drop voltage di sistem Aceh.

Kecelakaan akibat listrik di area Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) terjadi pada Selasa (28/3/2017) pukul 12.43 WIB, menyebabkan 3 (tiga) orang di dalam rumah kontrakan disekitar jalur SUTT 150 kV Cibinong – Jatirangon antara tower T.45 – T.46 di Desa Cicadas, Kec. Gunung Putri, Kab. Bogor mengalami luka bakar.

Inspektur Ketenagalistrikan mendapat penugasan sebagai Pemateri dan Penguji pada Diklat Teknis Inspeksi Sistem Tenaga Listrik di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM-KEBTKE) yang dilaksanakan pada tanggal 20 – 25 Maret 2017.

Ministry of Trade Industry and Energy (MOTIE) Republik Korea mengadakan kunjungan kerja ke Kementerian ESDM Kamis (23/2), sebagai tindak lanjut terhadap Memorandum of Understanding (MOU) mengenai Comprehensive Cooperation on Energy Safety Management. Dalam kunjungan tersebut diadakan pertemuan antara Delegasi MOTIE dengan Kementerian ESDM yang diwakili oleh Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama. Delegasi MOTIE yang hadir terdiri atas Director of Energy Safety MOTIE, Director of Korea Electrical Safety Corporation (KESCO), Director of Korea Gas Safety (KGS) dan Commercial Attaches Kedutaan Korea dan 3 (tiga) orang team leader di bidang electrical and gas safety inspection.

Gardu Induk (GI) 150 kV Mandirancan yang berlokasi di Jalan Raya Pancalang, Desa Tajurbuntu, Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat mengalami gangguan pada Senin (20/02) sekitar pukul 11.04 WIB. GI tersebut memiliki peran strategis untuk evakuasi daya dari PLTU Indramayu dan PLTU Cirebon Electric Power ke sistem interkoneksi 500 kV Jawa Bali atau ke subsistem 150 kV Mandirancan.

Kepegawaian Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan membahas penilaian Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) yang diselenggarakan pada hari Senin (13/2) di hotel Lorin, Sentul, Bogor. Inspektur Ketenagalistrikan yang mengajukan penilaian DUPAK sejumlah 52 (lima puluh dua) orang yang terdiri dari 2 (dua) orang mengajukan pengangkatan pertama Inspektur Ketenagalistrikan, 34 (tiga puluh empat) orang mengajukan kenaikan Pangkat dan/atau Golongan Inspektur Ketenagalistrikan dan 13 (tiga belas) orang mengajukan penambahan Angka Kredit Inspektur Ketenagalistrikan serta 3 (tiga) orang mengajukan penilaian DUPAK Inspektur Ketenagalistrikan Provinsi.

Kondisi sistem kelistrikan di Aceh pasca Gempa yang terjadi Rabu (7/12) berangsur membaik. Listrik di tiga kabupaten yang terkena dampak gempa paling besar yaitu Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, dan Bireun sempat mengalami pemadaman, saat ini telah menyala kembali.